Kementan RI Melalui BBPPTP Ambon Salurkan 15.000 Bibit Pala ke Kota Tidore Kepulauan

    Kementan RI Melalui BBPPTP Ambon Salurkan 15.000 Bibit Pala ke Kota Tidore Kepulauan
    Proses Angkut Bibit Pala

    MALUKU UTARA - Kementerian Pertanian (Kementan) RI, melalui Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Ambon, menyalurkan 15.000 bibit Pala ke Kota Tidore Kepulauan, disalurkan melalui Nursery BPT Tidore, Senin (24/1/2022).

    Kepala Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Ambon M.Rizal Ismail, saat dikonfirmasi mengungkapkan harapannya kepada petani yang menerima bantuan bibit, agar bibit tersebut dimanfaatkan sebaik-baiknya.

    Pengawas Pengelola Nursery Tidore Muhammad Habib mengatakan, bantuan 15.000 bibit Pala dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI melalui Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Ambon.

    Penyaluran bantuan di Kota Tidore Kepulauan melalui Nursery BPT Tidore dan pembiayaannya bersumber dari APBN tahun 2021.

    "Bantuan 15.000 bibit Pala ini tersebar di 3 kecamatan diantaranya, Kecamatan Tidore sebanyak 2000 bibit, Kecamatan Oba Utara 5750 bibit, Kecamatan Oba Tengah 7250 bibit. Sementara ini kami proses angkut ke truk, besok Selasa (25/1) insya Allah mulai didistribusikan, " ungkapnya.

    "Rencananya bulan Agustus mendistribusikan diperkirakan sekitar 12.000 bibit Cengkih, ini adalah anggaran tahun 2021, " ujarnya.

    "Kegiatan yang direncanakan untuk pengembangan tahun 2022, mendistribusikan bibit Pala sebanyak 20.000 sampai 30.000 bibit, sedangkan bibit cengkah sebanyak 10.000 bibit, " terangnya.

    Muhammad juga menambahkan, diharapkan bibit-bibit tersebut dapat menjadi salah satu penunjang bagi masyarakat dari sektor perkebunan di Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara.

    Oleh sebab itu, saya minta kepada seluruh petani pala yang mendapatkan bantuan bibit pala, bisa dimanfatkan sebagai komoditas unggul sebagai sumber kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

    "Semoga, bantuan ini mampu dikekola dan dimanfaatkan untuk meningkatan perekonomian masyarakat, " tutupnya.

    MALUKU UTARA MALUT TIKEP TIDORE KEPULAUAN
    Iswan Dukomalamo

    Iswan Dukomalamo

    Artikel Sebelumnya

    Evaluasi Capaian Kinerja, KSP Bobato dan...

    Artikel Berikutnya

    HMI Cabang Tidore Desak Pemda Tutup Akses...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Sejarah Nagari Di Minangkabau
    Poempida Ungguli Hasil Sementara Polling Klikers Indonesia untuk Pilgub Jakarta 2024
    Tony Rosyid: Anies dan Pilgub DKI Jilid 2
    Tony Rosyid: Tanpa Oposisi, Bagaimana Mungkin Ada Demokrasi?
    PERS.CO.ID: Cara Baru Bermedia!

    Ikuti Kami